RSS

Kunci Sukses Toko Online Terbesar Dunia

30 Mei

Halo …!

Kali ini kita akan diskusi tentang Toko Online, istilah yang

saya yakin udah sangat familiar ya??

Satu hal, agan2 tentu sepakat kalau mau belajar sesuatu belajarlah dari yang terbaik di bidangnya.

Nah berhubung kita lagi bahas toko online, di sini saya coba ambil contoh nyata terbaik Toko Online terbesar di dunia saat ini, yaitu Amazon.com. Yang belum tau amazon.com monggo dibuka aja webnya..

Kita akan coba menggali aspek atau faktor apa aja sih yang bisa bikin sebuah toko online berhasil. Nah.. di sini saya akan mendeskripsikan faktor tersebut, belajar dari apa yang sudah diterapkan oleh amazon yang terbukti berhasil seperti sekarang ini. Ini versi saya lho..so disclaimernya: ini versi saya.. bisa jadi nggak sepenuhnya benar.. bisa jd banyak faktor2 lainnya.


Mau tau apa aja faktor sukses itu??  cek this out,,,!!


1. Customer Review System

Salah satu factor yang membuat amazon berkembang pesat adalah fitur customer review. Fitur ini di pasang di bawah setiap halaman produk. Contoh bisa lihat di url ini : http://amzn.to/Kc3cBC. Lihat di bagian bawah ada : Customer reviews, rating dr customer, write customer review button, dan hasil review review dr customer lain.

Nggak bisa dipungkiri ketika memutuskan membeli suatu produk, konsumen akan mencari referensi dr konsumen lain.

Semakin banyak referensi,review, &kesan bagus. Akan meningkatkan konversi pembelian thp produk tsb. Amazon membuat fitur khusus dimana pembeli bisa berikan review secara terbuka. Bagus atau jelek sebuah produk bisa bebas di ceritakan oleh konsumen yang membeli produk tersebut. Dan ini menjadi salah satu kekuatan amazon yang paling besar hingga saat ini.

Jadi Amazon berubah tidak hanya sekedar toko online. Melainkan sebuah komunitas Buyer yang saling mempercayai, saling memberikan review dan saling membantu sama sama lain. Secara sadar Buyer Amazon, juga merupakan bagian dari kebesaran Amazon.

2. Menu: Customers Who Bought This Item Also Bought

Ini adalah fitur cross selling yg di pasang oleh Amazon di setiap halamannya. Amazon “nggak hanya” memasang Related product, tetapi mengubahnya menjadi :“Customers Who Bought This Item Also Bought”. Kemudian ditampilkan barang barang yang sesuai dengan produk yang akan kita beli, silahkan lihat halaman produk amazon biar lebih jelas..

Cross selling adalah teknik untuk memperbesar banyaknya penjualan, dengan menawarkan produk lain yang berkaitan. Misal jualan camera, juga ditawarkan chargernya, tas camera, tripodnya dan lensa nya..

Tapi amazon emang pinter gan.. ia nggak membuat menu related produk. Tapi amazon membuat menu “Customers Who Bought This Item Also Bought”. Jadi bukan “Produk yang terkait”, tapi diubah menjadi : “Pembeli lain membeli

produk ini juga lho”. Kira-kira begitu.
Fitur ini mampu melejitkan penjualan amazon juga sob…!


3. Foto, Video dan Detail Produk yang Lengkap

Sebagian besar halaman produk dilengkapi dengan foto yang nggak cuma bagus, tapi lengkap . Ambil fotonya juga nggak asal-asalan gan, jadi konsumen bisa bener2 melihat semua sisi produk dengan tampilan yang menarik.

Deskripsi produk juga lengkap, detail spesifikasi, hingga harga & ketersediaan stok barang. Intinya jangan sampai calon konsumen kita kesulitan sekedar ingin tahu harga dan ketersediaan barang dagangan kita. Keseriusan detail halaman produk kita jg akan makin meningkatkan kepercayaan “trust” pembeli untuk membeli produk kita gan. Semakin lengkap semakin bagus.

4. Associate Program

Associate program kalau di Indonesia-kan kurang lebih program reseller dropshipping nya amazon gan. Agan2 pasti udah sangat familiar ya sengan istilah ini?!

Amazon Associate program, dimana setiap orang bisa menjualkan produk dari Amazon, dan mendapatkan komisi jika produknya laku. Program ini juga menjadi salah satu faktor kesuksesan amazon.
Amazon tau betul kalau jualan sendirian akan lambat membuat ia berkembang..

Dgn menggunakan teknologi dan program reseller yg baik..
Akan menjadi daya ungkit yang luar biasa…

Bayangkan jika ini bisa benar2 agan terapkan di bisnis anda, dan setiap orang di dunia ini bisa menjualkan produk anda! Wow…!

Selain menguntungkan bisnis agan juga membuka lapangan pekerjaan bagi orang banyak. Mantap ya!

So Affiliate, Reseller System, Dropship atau apapun namanya saat ini adalah konsep Daya Ungkit online store yang telah terbukti berhasil dan bahkan masih diterapkan oleh Online Store terbesar di dunia.

Untuk berhasil menerapkan konsep ini, pastinya perlu kombinasi dengan penggunaan teknologi dan sistem yang baik gan.

Investasi jadi suatu keharusan.. tapi hasilnya saya yakin akan sepadan..

Jadi ibarat buka lapak di dunia internet, kita ngga jualan sendirian..yang jualin produk kita bisa ratusan, ribuan bahkan jutaan orang. Ini namanya teknologi untuk berjualan gan …

Nah, itu sharing kita kali ini seputar toko online, Diluar empat diatas, banyak factor lain seperti customer service, shipping, packing, web design dan sebagainya.

Bagaimana dengan toko online anda??

Mana yang bisa diterapkan di toko online anda
monggo langsung diterapkan ..

Kalaupun saat ini posisi kita belum memunkinkan kesana.. ane sangat menyarankan agar anda2 yg punya toko online
Bisa masukkan ke dalam rencana pengembangan ke depan.

 

Salam UKM Go Online

 
Tinggalkan komentar

Ditulis oleh pada 30 Mei, 2012 in TIPS N TRICK

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: